March 10, 2010

Mengenal Keylogger

Sebelumnya,artikel ini hanya untuk pembelajaran saja,agar kita sebagai pengguna Internet,waspada dan tau apa itu keylogger. Saya tidak bertanggung jawab ya kalau ada apa-apa .



Keylogger ( keyboard stroke ) adalah sebuah software ( sekarang digolongkan sebagai malware ) untuk merekam aktifitas keyboard . Ya !! merekam segala aktifitas keyboard . Dulunya software ini hanya di anggap software biasa dan sangat membantu banyak orang / perusahaan. Dengan keylogger mereka dapat :

1. Orang tua dapat mengawasi anak mereka ketika sedang ber internet,mereka jadi tau apa saja yang dibuka oleh anak mereka.
2. Perusahaan dapat memantau aktivitas karyawannya pada saat jam kerja,dengan mengetahui apa saja yang di buka oleh karyawannya.
3. dan lain sebagainya.



Namun sekarang,keylogger sudah di anggap malware yang patut di waspadai,karena fungsinya itu,orang-orang yang tidak bertanggung jawab,menggunakannya untuk mencuri data dll.


Contoh sederhana :
kalian dapat mencuri data pengunjung warnet dengan software ini ,kalian hanya perlu aplikasinya,dan pergi ke warnet,instal di PC korban , tunggu beberapa hari ,dan lihat hasilnya . Semua aktifitas user / orang yang menggunakan PC tersebut akan terekam ! Termasuk ID dan Password akun mereka . Log filenya berupa file .txt atau terekam langsung di keylogger tersebut.


Lalu,bagaimana cara mencegah / mendeteksinya ? ada banyak cara untuk mendeteksi keylogger,cara yang paling mudah adalah dengan melihat proses yang sedang berjalan,dengan menekan Ctrl + Alt + Del ,jika kalian melihat ada program mencurigakan yang sedang berjalan,misalnya keylogger.exe (tidak semua versi keylogger menggunakan nama tersebut) maka segera matikan program tersebut.

Cara lainnya adalah menggunakan software anti keylogger ,ada banyak software anti keylogger,salah satunya adalah Keylogger Shield( Link download ada di bawah ).

Untuk beberapa web game seperti Lyto , mereka menggunakan virtual keyboard untuk mengantisipasi keylogger. Ya,karena keylogger hanya merekam aktifitas keyboard,dan bukan aktifitas mouse.


Cuma itu gunanya keylogger ? gak ngefek tuh buat saya,kan saya gak pernah kewarnet,saya online di rumah,berarti,aman donk ??


Belum tentu !! Menurut salah satu website anti virus , keylogger bisa menyebar melalui email,jadi ketika kalian membuka sebuah email,maka program keylogger akan menyusup ke komputer kamu ! dan hasilnya,akan dikirim ke pembuat / hacker / pengirim keylog tersebut .

Gak pernah buka email ?? Keylogger juga bisa menyusup melalui halaman web ! Gimana caranya ? saya belum berani menulis hal tersebut karena saya belum mengerti betul,tapi bila kalian ingin tau bagaimana suatu program dapat menyusup melalui halaman web,kalian ketikkan saja "SQL Injection" di google.



Saya rasa,kalian sudah cukup tau apa itu keylogger dan cara kerjanya,karena saya bukan penulis yang baik,maka saya minta maap apabila ada kata-kata yang membingungkan.


Yang mau download anti keylogger :
Download Anti Keylogger Shield



sou

15 comments: on "Mengenal Keylogger"

PRof said...

Wuih, ngeri juga neh keylogger, langsung donlot antinya dah...

Multibrand said...

Halo teman,
Senang sekali saya berkunjung ke blog anda yang sarat dengan informasi perihal macam2 hal. Semoga selalu suksesnya.

Anonymous said...

thanks mas infonya, saya download anti keylognya nih :D

Pohonku Sepi Sendiri said...

wah, keylogger juga bisa menyusup melalui halaman web..
baru tau neh sob.. thanks utk infonya ya.. :)

Anonymous said...

mantab
salam hangat dari blue

Dimas said...

walah serem juga ampe lewa email ama halaman web, ga bisa buka2 sembarangan donk....

catatan kecilku said...

Info yg mantap nih... makasih banget ya...

the others... said...

Wah, kok jadi ngeri ya..? Harus segera diantisipasi nih.

Anonymous said...

:p gimana nich cara keyloger mengirim pswoord ke email kita :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :(( :((

Sou Stalker said...

@ Anonym
seperti yang saya tulis di atas,coba aja googling dengan keyword "SQL Injection"

- said...

Haduh... Semakin canggih teknologi, semakin manfaat sekaligus semakin menakutkan juga ya.

berita untuk negri said...

sobat saya punya saran,,jangan sekali-kali ketikan SQL injektion di google..apalagi pake add onnya mozila..nanti saya ingin bahas di blog saya,karena kalau kita tau SQL hanya sebatas dan tidak mendalaminya akan membahayakan web kita,,dan juga jangan download keylogger pada web yang tidak jelas lebih baik kita membeli softwarenya..karena google akan merubah algoritmanya tapi entah kapan,,inilah masalah di cina yang banyak coba2 akhirnya google hekang dari sana...

Sou Stalker said...

@ berita untuk negri
=)) kalau sebatas ngetik di google,gak apa bro,toh cara kerja SQL Injection "mejangkiti" para pengunjung web tsb. Tentu saja tidak semua web,dapat di inject ,kalau kita ketik SQL Injection di google,yang paling pertama muncul adalah dari wikipedia ! nah,situs semacam itu,gak mudah untuk ter injeksi .

Perasaan postingan saya diatas,tidak ada ngasi link untuk download keylogger deh =)) baca lagi gan .

Mobile App Developers Delhi said...

It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

Service Tax Registration Delhi said...

That is an extremely smart written article. I will be sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information. Thank you for the post. I will certainly return.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
Ragnarok emoticons widget is designed by Sou
Post a Comment

Blog ini dofollow , jangan lupa tinggalkan sepatah dua patah kata yak. .Komentar kalian adalah semangat buat saya ! Thanks ! "what is a heart ? If I rip open your chest, will I see it ? If I crack open your skull, will I find it in there ?"