March 13, 2010

Hades

Ini tulisan pertama saya mengenai makhluk mitologi . Saya sengaja menulisnya walaupun saya tau,di luar sana banyak sekali tulisan serupa . Saya menulis artikel ini ( dan selanjutnya ) karena saya memang tertarik dengan hal-hal seperti ini,sebagai seorang gamer,tentu nama-nama makhluk mitologi,banyak saya jumpai di dalam game ( terutama Rpg ) dan sudah gak asing untuk saya. Maka dari itu,saya putuskan untuk membahasnya satu persatu di blog ini .


Mahluk mitologi yang pertama saya bahas adalah Hades.

ilustrasi hades



Menurut mitologi Yunani,Hades dikenal sebagai dewa kematian / dewa neraka,hades juga dikatakan sebagai anak tertua dari Cronus dan Rhea. Hades juga mempunyai 3 saudari perempuan, yaitu Demeter,Hestia,Hera.Dan 2 saudara laki-laki yaitu Zeus dan Poseidon.


Menurut mitos, dia dan saudara-saudaranya Zeus dan Poseidon mengalahkan Titans dan mengklaim kepemimpinan atas alam semesta yang meliputi dunia bawah tanah, langit, dan laut. Setelah mereka dewasa,Zeus memaksa ayahnya untuk mengijinkan mereka merebut kepemimpinan saat itu,yang dikuasai oleh paraTitans. Kemudian Zeus,Poseidon,dan Hades di bekali oleh 3 senjata oleh Cyclops, Zeus di beri sambaran petir, Hades diberi Helm Kegelapan, dan Poseidon dengan trisula. Malam sebelum pertempuran pertama, Hades mengenakan helm dan, karena tak terlihat, menyelinap ke perkemahan para Titans dan menghancurkan senjata mereka. Perang berlangsung selama sepuluh tahun dan berakhir dengan kemenangan Zeus dan dewa-dewa yang lebih muda. Mereka kemudian membagi kekuasaan , Zeus mendapat langit, Poseidon laut,dan Hades menguasai dunia bawah tanah (neraka [?]) . Di dunia bawah tanah ,hades memerintah mereka yang sudah mati untuk membangun kerajaannya, Hades juga digambarkan mempunyai anjing penjaga neraka berkepala 3 Cerberus,yang kemudian mati dibunuh Heracles / Hercules ( putra Zeus ). Hades juga mempunyai julukan lain,yaitu Plouton( wealth ),itu dikarenakan semua hasil bumi seperti emas,dan sejenisnya,berasal dari daerah kekuasaan hades.


Karena kesannya tersebut,hades sering disalah artikan sebagai Grim Reaper ( pencabut nyawa ),padahal sesungguhnya bukan demikian. Hades hanya membimbing mereka yang telah mati,ke alam sana (neraka) .Hades juga dapat mengembalikan mereka yang telah mati,kembali hidup,seperti yang dilakukan oleh Orpheus yang meminta kekasihnya Eurydis untuk dihidupkan kembali.


Didalam kerajaannya ( underworld [?] ),hades tidak sendirian,dia dibantu oleh Thanatos,Hypnos,dan Charon.



sou

16 comments: on "Hades"

Saung Web said...

Wah amankan dulu pintu gerbangnya ah.. haha.. ini soal game ya sob.. duk awam kalau soal game hihihi

Dofollow Blog Community said...

Malam mingguan ke rumah kawan dulu ah.. sambil baca postingan terbarunya

Wawan Kurn said...

Makash infonya kawand!
Hades.! Mantap.!

richo said...

mitologi yunani cukup menarik,banyak tokohnya...... tapi aku sukane cm ama aprodite heheheh

Ninneta - MissPlum said...

Hai...

Salam kenal sahabatku...

kunjungan pertamaku di rumahmu, sekalian follow. Sebagai hadiah perkenalan, aku memberimu hadiah, silahkan diambil

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

keboo said...

kenapa it's started with dewa kematian???
hohoho...

Ninneta - MissPlum said...

hai Sou,

award itu adalah sebuah apresiasi sesama temen blogger aja... tiap kamu dikasih award, dipajang aja di blognya melalui sebuah postingan. Jangan lupa cantumin link dari blogger yang ngasih awardnya...

fai_cong said...

wah.. jadi tau tentang yunani nih...
selamat malming sobat..

Anonymous said...

wah karakter mitologi yang hebat.
saya tunggu tokoh mitologi yang lainnya :D

Gamer_GPM said...

perdana neh komen di blog ini...visit back yah...

suka rpg? wah berati sama dengan saya hehehe
ingatt mitologi yunani, jadi ingat game age of mithology yang dulu sempat terkenal..

Dimas said...

mitos yunani nih, kan ada film hercules tuh yg berhubungan dengan mitos yunani hehe...

Amdhas said...

salam sobat,, mau nanya nih...kalau hercules itu benar ga sih???

PRof said...

Hades Sang Dewa Kematian....
Game2 seperti ini jauh dari jangkauanku....btw thank's infonya bro...

Sou Stalker said...

@ berita untuk negri
kalau menurut mitos yunani,hercules memang ada bro,dia anak dari Hera dan Zeus . Sebenarnya nama aslinya Heracles ( putra Hera ) cuma gak tau kenapa di panggil hercules.

@ prof
ralat gan,ini bukan game,tapi mitologi. .Hehehe =))

- said...

Saya juga sedang tertarik dengan mitologi. Senang menemukannya di sini.

Pulsa elektrik said...

Cerita hades itu aneh, masak ada yang bisa kabur dari neraka :D

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
Ragnarok emoticons widget is designed by Sou
Post a Comment

Blog ini dofollow , jangan lupa tinggalkan sepatah dua patah kata yak. .Komentar kalian adalah semangat buat saya ! Thanks ! "what is a heart ? If I rip open your chest, will I see it ? If I crack open your skull, will I find it in there ?"