April 09, 2010

Amaterasu

Setelah beberapa artikel tentang mitologi yang saya bahas kemarin berasal dari Yunani dan sekitarnya,sekarang loncat dulu ke negara yang terkenal dengan anime dan kebudayaannya,yaitu Jepang ! Ternyata Jepang juga memiliki makhluk-makhluk mitologi yang menarik,namun tidak banyak orang yang mengetahui tentang mitologi tersebut,dikarenakan mitologi tersebut hanya disampaikan turun temurun.


Makhluk pertama yang akan saya bahas adalah AMATERASU ! bagi kalian yang penggemar berat anime Naruto,tentu pernah mendengar tentang amaterasu,tetapi disini saya tidak akan membahas tentang anime tersebut,melainkan apa sih sebenarnya amaterasu itu ?

Ilustrasi Amaterasu


Dalam ajaran shinto di jepang,amaterasu diartikan sebagai "dewi matahari" yang mengatur surga. amaterasu lahir dari mata kiri Izanagi.
Mitologi amaterasu ini mempunyai 2 versi,yaitu versi Kojiki dan Nihon Shoki.

Amaterasu mempunyai dua orang saudara,yaitu Susanoo( baca : susano o ) dan Tsukuyomi,dimana Susanoo adalah dewa badai ( storm God ) dan Tsukuyomi adalah dewa bulan.


Amaterasu mempunyai taman yang sangat indah di surga,ketika amaterasu lewat,burung-burung akan bernyanyi dengan suara merdunya dan bunga-bunga bermerkaran.
Dikisahkan pada suatu hari,susanoo berjalan jalan di taman milik amaterasu,karena dia melihat tidak ada siapa-siapa,mulailah dia bersikap jahil dengan mengembuskan angin ke arah taman tersebut,sehingga membuat semuanya berantakan. Dan ketika amaterasu melihat apa yang terjadi pada kebunnya,dia sangat terpukul dan sedih,kemudian dia memutuskan untuk ke bumi dan mengurung dirinya di dalam sebuah gua,dan menutupnya dengan batu besar. Bumi kemudian menjadi gelap dan sangat dingin ( ingat,bahwa amaterasu adalah dewi matahari ),hari dan minggu berganti tanpa matahari,manusia mulai sakit dan depresi karena hal itu.


Suatu hari,ada seorang wanita ( pada versi lain mengatakan seorang dewa ),yang memutuskan untuk menghibur mereka yang di landa kegelapan dengan bernyanyi,wanita tersebut mulai bernyanyi dengan menggunakan alat drum,karena suara musik tersebut begitu nyaring,orang-orang mulai ikut bernyanyi dan ber pesta didalam kegelapan.
Amaterasu yang mendengar dentuman suara dari dalam gua,penasaran dengan apa yang sedang terjadi diluar,dia kemudian mendekati pintu gua dan mengetahui bahwa suara tersebut adalah musik,karena penasaran dengan apa yang terjadi,amaterasu membuka pintu gua tersebut sedikit. Dan ketika orang-orang melihat ada cahaya keluar dari gua tersebut,maka mereka beramai ramai menggeser pintu gua dengan sekuat tenaga,sehingga pintu gua terbuka seutuhnya. Amaterasu pun keluar,bumi kembali bersinar dan semuanya telah kembali seperti semula,di katakan bahwa saat itulah negara Jepang tercipta.

Sumber.
Gambar

Note : huruf yang berwarna merah,akan di bahas pada lain waktu.


Respect Yourself,Respect Others
sou

25 comments: on "Amaterasu"

Rock said...

Yang mengatur surga??? keren nich...

sda said...

banyak yg belum ku ketahui
makasih sharingnya.

daniel wahyu perbawa said...

PERRRRRTAAAAMAAAAKKK SOU HEHEHEHE

narti said...

aku baca disini saja, gak ada yg bercerita kepadaku. hehe...
met siang....

megi said...

oh gitu yah, makasih sob buat ceritanya ^^
yg saya tahu ntu adlh jurus2nya itachi :p

narti said...

komenku masuk gak ya?

Aishi Lely said...

nama yg bagus... ceritanya juga bagus...^^

Rhyzaboy said...

Wah makasih gan infonya,,,

elok langita said...

I LOVE JEPANG ! ^___________^

elok langita said...

I LOVE JEPANG... ^_________^

(*comment yang pertama kok engga muncul iah.)

Ratasoe said...

Brkunjung sob, ky cerita pandawa 5 ya;-)..sip dh..

Darin said...

berarti ni legenda awal mula ada negara Jepang ya? hweh keren ya.
eh ya sob, ane launching blog acak kadut lagi di: jeplakingwords.blogspot.com
see you there!

tomo said...

Wah naruto ini aku jarang nonton kawan.Sepertinya kayak dewa2 yunani saja ya ada dewanya segal

uswah said...

Cantik banget gambarnya amaterasu ini sob

irul-green said...

hmmm baru tau disini...makasih sob..

kunjungan malam hari..

richo said...

klo bahasa jepang tauku ai si teru bro.....brarti kaya hera di yunani tu yah

Radhitya Notes said...

Ameterasu itu bukan jurusnya Sasuke Uciha yach...? hihihihihihi

em... per referal dapet $5 dollar brow..., Mari kita sama sama membuktikan

Ratasoe said...

Ane mampir lg soa ;-), jalan2 mana tw dpt rejeki pas BW hehe..sukses sll ya. Semangat..!!;-)

ika_SweetyOrange said...

menarik infonya... jadi penasaran sm saudara-saudaranya.. (^_^)
hve a nice weekend..

mimien's world said...

Budaya bangsa Jepang emang besar...mudah2n Indonesia bisa mempertahankan kebudayaan yang beragam...jangan mau diinjak2 oleh negara lain...kita berdiri sama tinggi kawan...

Penghuni Gubug said...

Oooh, begitu to ceritanya. Hehehe... baru ngeh... :h:
cantik juga ya dewinya, hhee
kalo dewa matahari ada ndak mas?

Distro Dizhwar said...

Lumayan buat nambah koleksi cerita.Makasih ya udah sharing

my blogpost said...

ternyata seperti itu yach....

vie said...

Ooowwhh. . .
gtu yaa. . .
bru tau. . .:)
Mksh infonya. . .

The Barry Law Group said...

Informative and precise…Its difficult to find informative and precise information but here I found…
Thanks for this blog...

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:
Ragnarok emoticons widget is designed by Sou
Post a Comment

Blog ini dofollow , jangan lupa tinggalkan sepatah dua patah kata yak. .Komentar kalian adalah semangat buat saya ! Thanks ! "what is a heart ? If I rip open your chest, will I see it ? If I crack open your skull, will I find it in there ?"